Kompetensi Lulusan

Rumusan umum kompetensi lulusan di program studi Pendidikan Kimia melingkupi capaian pembelajaran program studi (PLO) Pendidikan Kimia, sebagai berikut:

  1. Menerapkan kepribadian yang bertanggungjawab, memiliki komitmen sebagai pendidik, berpikir kritis, kreatif, terbuka, inovatif dan percaya diri dalam mengemban tugas sebagai guru Kimia.
  2. Menerapkan konsep-konsep dasar bidang IPA dan Kimia dalam pembelajaran di lembaga kursus/bimbingan belajar.
  3. Menerapkan konsep-konsep dasar ilmu pendidikan dan Kimia dalam pembelajaran Kimia yang sesuai pada satuan pendidikan dasar dan menengah.
  4. Merancang dan menerapkan sistem evaluasi serta penilaian dalam pembelajaran Kimia pada satuan pendidikan dasar dan menengah.
  5. Memahami perkembangan karakteristik peserta didik dari segi aspek akademik, fisik, sosial, emosional secara tepat dan menerapkan keteladanan untuk menjadi pribadi unggul dalam satuan pendidikan dasar dan menengah.
  6. Melaksanakan dan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan Kimia yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif pemecahan masalah pada satuan pendidikan dasar dan menengah.
  7. Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan Kimia serta dapat memberikan saran yang membangun untuk kemajuan dunia pendidikan, khususnya bidang Kimia.
  8. Menerapkan manajemen strategis pada laboratorium Kimia sesuai dengan standar manajemen laboratorium yang berlaku di satuan pendidikan dasar dan menengah.
  9. Merencanakan, menerapkan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan laboratorium sekolah dan lembaga pendidikan sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.
  10. Mengaplikasikan kemampuan kewirausahaan di bidang Kimia dan pendidikan Kimia dalam kehidupan bermasyarakat.