Di usianya yang Masih “Belia”, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH Meraih Peringkat Akreditasi B

0
519

Tanjungpinang, Senin (26/10/2020) Proses & Hasil Dari Akreditasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH Menuju Akreditasi B

Acara dibuka oleh Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA, dihadiri oleh seluruh pimpinan di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu Bapak Dr. H. Abdul Malik, M.Pd selaku Dekan FKIP, Bapak Gatot Subroto, M.Pd selaku Wakil Dekan I FKIP, dan Bapak Satria Agus, M.Pd selaku Wakil Dekan II, serta para tamu undangan lainnya seperti Ketua Penjamin Mutu UMRAH dan beberapa stakeholders.

Akhirnya setelah melauli proses selama 2 hari Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH meraih akreditasi B dengan No. SK : 6600/SK/BAN-PT/Akred/S/X2020 , terimakasih kepada semua pihak atas dukungan & bantuan dari semua pihak dalam proses Asesmen Lapangan (AL) untuk meraih akreeditasi B pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH.

Dalam proses Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Pendidikan Kimia melibatkan beberapa perwakilan mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa aktif setiap angkatannya, mulai dari angkatan 2016-2020, adapun perwakilan alumni dari angkatan 2013-2016. Program Studi juga mengundang para stakeholder (pengguna alumni) dari beberapa instansi yang ada seperti sekolah menengah atas, dinas-dinas terkait, & perwakilan orangtua mahasiswa.

Seluruh dosen di Program Studi tentu saja terlibat sejak proses penyusunan borang akreditasi di pertengahan tahun 2018 hingga pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) yg telah terselenggara pada 12-13 Oktober 2020 secara daring. Peran dari mahasiswa, alumni, stakeholder, serta dari para dosen tentu saja sangat mempengaruhi kredibilitas Program Studi untuk melihat sejauh mana Program Studi sudah mampu menerapkan visi-misi serta target yang sudah dirumuskan.

Adapun pada kegiatan Asesmen Lapangan (AL) terdapat beberapa poin yang dinilai oleh Asesor. Proses penilaian dalam akreditasi meliputi 7 standar, di antaranya visi & misi, tujuan & sasaran, tata pamong & manajemen, mahasiswa, Sumber Daya Manusia, keuangan / sarana & prasarana, serta riset & kerjasama. Ketujuh aspek tersebutlah yang menjadi pedoman dalam proses penilaian akreditasi suatu Program Studi.

Kemudian target yang ingin dicapai dari Asesmen Lapangan (AL) ini tentu saja program studi yang semakin meningkat baik dari aspek akademik maupun non akademik di ranah regional, nasional, bahkan internasional, kami optimis dengan pencapaian tersebut ke depannya, insyaAllah, karena kami mempunyai mahasiswa-mahasiswi serta dosen-dosen yang hebat yang akan mampu mewujudkan hal tersebut.

Harapan kedepannya dengan amanah peringkat akreditasi yang diperoleh sekarang semoga seluruh civitas akademik di Program Studi semakin bersemangat untuk terus berkontribusi serta berperan aktif dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, & Pengabdian kepada Masyarakat). Juga tentu saja harapan kami semua, semoga dengan pencapaian ini dapat semakin meningkatkan animo calon mahasiswa untuk memilih program studi pendidikan kimia FKIP UMRAH, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar Kepri untuk menempuh jurusan ini, bahkan kami juga tentunya membuka peluang bagi calon-calon mahasiswa luar Kepri yang berminat menempuh pendidikan dengan spesialisasi bidang ilmu pendidikan kimia yang mengintegrasikan aspek kemaritiman untuk berkuliah di sini. Ujar Ibu Fitriah Khoirunnisa, S.Pd., M.Ed. saat diwawancarai.

Setelah melalui berbagai rangkaian proses menuju reakreditasi selama lebih kurang 2 tahun persiapan, akhirnya program studi Pendidikan Kimia yang berada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) memperoleh peringkat akreditasi B. Hal ini tentu saja sangat melegakan dan membahagian seluruh civitas akademik yang tergabung di dalamnya. Bagaimana tidak, di usianya yang masih terbilang “belia” yaitu baru berusia 7 tahun, program studi sudah dapat menujukkan kredibilitasnya di tingkat eksternal.

Berikut sertifikat areditasi yang telah didapatkan setelah dilaksanakannya Asesmen Lapangan :
SERTIFIKAT AKREDITASI PRODI PEND KIMIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here