Tanjungpinang, Selasa (15/09/2020) Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH.
Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Assoc. Prof. Dr. H. Abdul Malik, M.Pd.,
Agenda yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 hari adalah dengan menggunakan metode secara daring karena pada tahun ini sangat jauh berbeda dengan tahun yang lalu PKKMB nya karena PKKMB kali ini kita laksanakan melalui daring/online disebabkan untuk mejaga antisipasi dari protokol dari COVID-19 yang sudah meluas.
Pada tahun ini jumlah peserta yang mengikuti PKKMB di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) sebanyak 984 mahaiswa dari berbagai daerah, kemudian untuk di Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 292 orang & Khususnya pada Program Studi Pendidikan Kimia itu sendiri sebanyak 20 orang.
Berikut data mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH Tahun 2020
1 | 2003040001 | ANNISA FITRI | PENDIDIKAN KIMIA |
2 | 2003040002 | SUPERLESMAN LAIA | PENDIDIKAN KIMIA |
3 | 2003040003 | LILI NOVITA | PENDIDIKAN KIMIA |
4 | 2003040004 | MARTIN AGUSTINA SARI | PENDIDIKAN KIMIA |
5 | 2003040005 | EKA | PENDIDIKAN KIMIA |
6 | 2003040006 | LIBERTINA HALAWA | PENDIDIKAN KIMIA |
7 | 2003040007 | NURHAYATI | PENDIDIKAN KIMIA |
8 | 2003040008 | RISKI DWI SAPUTRI | PENDIDIKAN KIMIA |
9 | 2003040009 | REFY REFANI BR. TARIGAN | PENDIDIKAN KIMIA |
10 | 2003040010 | DEWI SAFITRI | PENDIDIKAN KIMIA |
11 | 2003040011 | AKEZIA ROYANI BR. SIMANJUNTAK | PENDIDIKAN KIMIA |
12 | 2003040012 | MELIA PUSPITA | PENDIDIKAN KIMIA |
13 | 2003040013 | ANITA YUSFADDILLAH | PENDIDIKAN KIMIA |
14 | 2003040014 | ASTRI INTAN ARTAULI BR. SIHOMBING | PENDIDIKAN KIMIA |
15 | 2003040015 | MONIKA PUTRI PARDEDE | PENDIDIKAN KIMIA |
16 | 2003040016 | DEBI YULIA RAMADHANI ‘AINI | PENDIDIKAN KIMIA |
17 | 2003040017 | SALSA MARCELA | PENDIDIKAN KIMIA |
18 | 2003040018 | FITRI MARSANDA | PENDIDIKAN KIMIA |
19 | 2003040019 | AISYAH | PENDIDIKAN KIMIA |
20 | 2003040020 | RITA HARTATI | PENDIDIKAN KIMIA |
Untuk data lebih lanjutnya dapat di unduh pada data berikut :
NIM MAHASISWA UMRAH 2020 Revisi Jadwal Pelaksanaan PKKMB FKIP UMRAH_2020
Saat di wawancarai Ketua Jurusan Program Studi Pendidikan Kimia Ibu Assist. Prof Fitriah Khoirunnisa S.Pd., M. Ed, beliau mengutarakan harapannya dari kegiatan PKKMB yang dilaksanakan ini adalah sebagai berikut :
1. mahasiswa berkomitmen kuat untuk menuntaskan perkuliahan tanpa putus di tengah jalan.
2. Mahasiswa menjadi kompeten di bidang pendidikan kimia ataupun kimia sesuai dengan profil prodi pendidikan kimia, yang dimana disini terdapat beberapa aspek yang bisa menjadi acuan bagi para mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Adapun profil yang dimaksud itu adalah :
A. Pendidik, yang dimana disini mahasiswa sebagai perancang pembelajaran kimia dan atau IPA yang memiliki kemampuan mendesain suatu sistem instruksional sesuai dengan teori pembelajaran & mengaplikasikannya ke dalam pembelajaran tersebut.
B. Peneliti Pemula Pendidikan, disini mahasiswa dapat dianggap sebagai seorang fasilitator pembelajaran kimia dan atau IPA yang kreatif & inovatif dengan penguasaan materi yang baik & memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi, serta diiringi dengan kemampuan komunikasi yang efektif.
C. Pengelola Laboratorium, adapun disini mahasiwa sebagai pengelola laboratorium kimia yang memiliki kemampuan manajemen laboratorium yang baik.
D. Enterpreuner, disinilah peluang sebagai mahasiswa dapat menjadi sebagai seorang wirausahawan yang mengembangkan potensi lokal kemaritiman dalam bidang kimia dan atau pendidikan kimia.
E. Manajer, peluang-peluang mahasiswa selain menjadi seorang enterpreuner juga dapat sebagai seorang pemimpin yang memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni dalam institusi kependidikan.
3. Selain kompeten di bidang akademik, mhs p.kimia jg harus mampu mengimbangi pencapaiannya di bidang non akademik, salah satu contohnya ikut terlibat dalam organisasi yg juga mampu mengasah skill dalam bermasyarakat dan terutama harus selalu menjaga etika serta adab dalam bertutur dan bersikap.
4. mampu menjadi panutan dan menjadi motor penggerak utk segala kegiatan inovatif di prodi serta saling mendukung antar mahasiswa.
5. Menjadikan camaba sebagai calon guru yang profesional, cinta tanah air, dan dapat berdaya saing secara global.