Pendidikan Kimia Raih Juara 1 Pada Lomba Media Pembelajaran Di Forum Komunikasi (FORKOM) Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia Tahun 2020

0
148

Tanjungpinang, Minggu (09/08/2020) di umumkan dalam acara Seminar Nasional Online dan Inagurasi Pemenang Lomba UNEJ, Jember. Pengumuman Peserta Lomba FORKOM tahun 2020.

Acara dibuka oleh Bapak Dr. H. Emil E. Dardak, M.Sc selaku Wakil Gubernur Jawa Timur. Setelah dibukanya acara, kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Peran Mahasiswa Dalam Membangun Pradaban Bangsa & Memperkokoh Persatuan Nasional.

Kemudian pada acara puncak diumumkan para juara lomba FORKOM tahun 2020.

Dhimas, Windu & Fatrida, sebagai mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UMRAH terpilih sebagai peraih juara 1 pada Perlombaan Media Pembelajaran di Forum Komunikasi (FORKOM) FKIP Negeri Se-Indonesia tahun  2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Jember (UNEJ).

Perlombaan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 8 Juni 2020 dengan berbagai macam perlombaan yang ada dimana disini terdiri dari “Writing A Scientific Paper And Scientific Presentation”, “Creative Online Learning Media”, dan yang terakhir yaitu “Creative Online Teaching Contest”. Nah yang dimana disini diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP Se-Indonesia dengan jumlah peserta kurang lebih 69 tim pada lomba media pembelajaran.

Berikut mekanisme yang terdapat pada perlombaan tersebut ialah :

Perwakilan kelompok yang dimana disini diketuai oleh Dhimas dengan team nya yaitu Windu & Fatrida telah mempersiapkan bahan serta materi untuk lomba ini. Adapun mereka juga mendapatkan dukungan dari kampus salah satunya yaitu Pada proses pembuatan sepenuhnya menggunakan jaringan internet sehingga kami menggunakan wifi kampus. Terkadang saat proses pembuatan terjadi pada penurunan pada kecepatan jaringan WiFi sehingga pembuatan menjadi terhambat.

Seperti saat di wawancarai Dhimas beserta rekan tim nya membagikan alasan mengapa mereka mengikuti kegiatan ini.

Seperti yang dikatakan oleh Dhimas tujuannya mengikuti kegiatan ini ialah “melatih dan mengasah kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya berbasis online”.

Kemudian disambung oleh Windu alasannya yaitu “yang membuat saya mengikuti lomba ini karena Fatrida yang awalnya mengajak saya bergabung di dalam timnya, karena saya merasa mampu untuk mengikuti lomba di bidang tersebut akhirnya saya memutuskan untuk bergabung. kami berusaha melakukan yang terbaik sesuai kemampuan kami dan Alhamdulillah usaha kami membuat kami meraih juara 1”.

Ditutup oleh fatrida alasan mengapa ia mengikuti lomba ini “Alasan saya mengikuti lomba ini yaitu untuk mengukir prestasi dan menambah pengalaman, sehingga dalam mengikuti lomba ini kami berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan bagus, dan alhamdulillah kami bisa menjadi juara 1”.

Disini mereka juga membagikan cerita mengapa mereka bisa menjadi juara pada perlombaan tersebut ialah karena sebelumnya kami sudah mempelajari mengenai cara mengembangkan media pembelajaran pada Mata Kuliah multimedia pembelajaran kimia sehingga dengan mudah kami mengembangkannya.

“Alhamdulillah bisa terpilih sebagai juara 1 pada perlombaan FORKOM tahun 2020. Terimakasih kepada Bapak/Ibu dosen atas bimbingan ilmu dan juga dukungannya selama ini. Terimakasi juga untuk teman-teman yang juga mendukung perjalanan kami selama di perlombaan tersebut dari awal pendaftaran hingga sampai menjadi juara. Tetunya kami berharap ini bisa menjadi pemacu semangat kepada temen-teman lain untuk terus semangat serta mengharumkan nama Prodi kita yaitu Prodi Kimia ditingkat Universitas maupun ditingkat Nasional.” ujar Dhimas, Windu & Fatrida.

“Alhamdulillah, selamat atas pencapaian yang diraih hingga sejauh ini, teruslah bersemangat hingga akhir karena ini barulah permulaan perjuangan kalian, tantangan sesungguhnya telah menanti di depan sana. Doa dan dukungan dari Prodi akan terus mengiringi langkah Mahasiswa-mahasiswa yang terus semangat serta berjuang mengharumkan nama Prodi Pendidikan Kimia dan Universitas, semoga diberikan hasil yang terbaik dan dilancarkan segala prosesnya. Dan tentu saja tidak pernah jemu saya sampaikan kepada seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH, agar selalu bersemangat dalam menumbuhkan jiwa berkompetisi karena ini merupakan hal penting dan sangat berguna bagi kehidupan kalian di masa yang akan datang. Salam SEMUSI (Semangat Kimia Muda Berprestasi)”

Admin/P.Kimia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here