Fachrian Bachri Mewakili FKIP Maju di Pilmapres UMRAH Tahun 2020

0
480

Tanjungpinang- Rabu, (03/06/2020) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2020. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia tak terkecuali Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Terlebih dahulu setiap Fakultas yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengadakan seleksi tingkat Fakultas, sebelum nantinya mengadakan pemilihan di tingkat Universitas.

Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan di evaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta  keretampilan hidup diantaranya komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, kreativitas dan mengemukakan karakter unggulnya.

Fachrian Bachri, mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia dengan sederetan prestasinya lolos menjadi salah satu dari dua perwakilan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam Pilmapres tingkat Universitas tahun 2020. Mahasiswa yang akrab disapa Fachri ini pernah memenangkan kompetisi tingkat kota seperti Juara I Tingkat Perguruan Tinggi dalam Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang tahun 2019, Sebagai pemenang karya tulis opini terbaik tahun 2017, menjadi asisten dosen pada mata kuliah Teknik Dasar Laboratorium Kimia, Kimia Umum, Kimia Unsur dan Biologi di Laboratorium Edukasi Marine Chemistry Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Fachrian juga pernah menjabat sebagai Ketua Divisi PSDM di HIMASKI periode 2018/2019, serta wakil ketua HIMASKI periode 2019/2020. Fachri juga menjadi ketua panitia dalam acara Chemistry Festival 2018.

“Dengan terpilihnya Fachri menjadi perwakilan fakultas, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi prodi Pendidikan Kimia. Pesan untuk Fachri, upayakan secara maksimal apa yang kamu mampu dan jadilah diri sendiri. Semoga ini dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga dan juga membangkitkan motivasi para mahasiswa khususnya di prodi Pendidikan Kimia. Semoga sukses.” ujar Kaprodi Pendidikan Kimia, Fitriah Khoirunnisa

Judul karya tulis ilmiah Fachrian yaitu Model Layanan Pendidikan Eco-Virtual Maritime (E-VM) Menuju Kepulauan Riau Unggul Abad 21. Isu yang diangkat oleh mahasiswa kelahiran Tanjungpinang ini dikarenakan latar belakang ilmu di bidang pendidikan dan  besarnya potensi maritim yang ada di provinsi Kepulauan Riau. “Dibeberapa sektor, misal dibidang perikanan, industri perkapalan, transportasi laut, dan juga wisata belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Melalui model pendidikan E-VM ini, dimana kita memadukan praktisi pendidikan, pemerintah, dan masyarakat dengan prinsip kolaborasi, integrasi, dan transformasi untuk bekerjasama, bahu membahu dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21 serta wujud pengimplementasian visi Kepulauan Riau di bidang maritim serta sosial ekonomi dan masyarakat” Ujar Fachrian.

“Alhamdulillah setelah melewati beberapa tahapan akhirnya bisa terpilih mewakili Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Maritim Raja Ali Haji tahun 2020. Ini semua tidak terlepas dari dukungan, ilmu, dan bimbingan Bapak/Ibu Dosen Program Studi Pendidikan Kimia sampai masuk tahun ketiga saya di kampus ini, serta dukungan rekan-rekan mahasiswa lainnya. Saya mohon doa dan dukungan supaya lancar di Pilmapres UMRAH 2020, yang tentunya menantang bagi saya. Bismillah.. Semoga bisa” harapnya.

Admin/P.Kimia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here